Apa itu Merchandise / Souvenir

Ketika menyebutkan kata “merchandise” mungkin sebagian atau bahkan banyak orang berpikir apa merchandise itu? Little thing such as souvenir? Buah tangan? Nevermind! Apapun yang diasumsikan saat ini just hold on what you’ve think and you’ll know the answer right after read this article.

Apa sih merchandise itu? Anda tidak salah tebak! Merchandise adalah segala bentuk produk yang pada umumnya digunakan perorangan / organisasi / perusahaan sebagai hadiah yang diberikan. Target pemberian merchandise pada umumnya meliputi customers, investor, karyawan internal, client, hingga jajaran manajemen perusahaan.

Setelah tahu apa itu merchandise, kita akan memikirkan tujuan dan manfaat apa yang didapatkan dari “merchandise”? Anda boleh menjawab pertanyaan berikut dalam hati; Anda memiliki usaha? Merasa strategi marketing hanya itu itu saja dan kurang berjalan? Perusahaan Anda membutuhkan ide baru yang berbeda? Kalau jawaban Anda lebih banyak “iya”, Anda mungkin bisa mencoba menggunakan merchandise on right time and right place.

Tentunya penting untuk mengenal bagaimana merchandise bisa membantu perusahaan Anda dalam melakukan penjualan atau bahkan dalam jangka panjangnya.

Pengenalan akan brand Anda! Sekarang ini promosi sangat ditingkatkan pada tahap digital marketing hingga cara konvensional dilupakan begitu saja.

Jangan lupa untuk step back, gabungkan cara lama dengan cara baru! Merchandise yang diberikan kepada customer memiliki engage yang lebih erat dibandingkan sekedar digital marketing. Kenapa? Karena customer mendapatkan secara nyata dan merasa bagian dari miliknya. Efeknya akan semakin nyata ketika mereka merasa special dan memiliki pengalaman dengan item yang didapat. Maka merchandise yang diberikan jangan asal saja karena tentu akan berpengaruh besar.

Cari item-item yang memang unik, berguna dan beda dari yang lain. Benefit lain yang tidak kalah menarik adalah cost yang dikeluarkan gak akan lebih mahal dari tools marketing lain loh. Silahkan rasakan sendiri how it works to your company. Pembahasan ini akan lebih dalam di artikel selanjutnya. Stay Tune!