6 Cara Menjalani Hari Setelah Begadang Semalaman serta Efeknya

begadang

Begadang di malam hari jelas tidak sehat. Sudah banyak studi yang membuktikan bahwa begadang tidak baik untuk kesehatan tubuh kita. Tapi yang namanya tugas sekolah/kampus, kerjaan di kantor, atau sekadar aktivitas sosial bersama teman-teman kadang kala membuat kita harus begadang.

Menurut sebagian penelitian anda kurang tidur sudah sering  1,7 kali lebih mudah terkena diabetes tipe 2 karena memiliki lemak dalam darah dengan kadar tinggi dan selain itu akan 3,2 kali lebih beresiko terkena sarcopenia (lemah otot).

Bagaimana cara mengatasi sementara tugas dan aktivitas rutin sudah mesa nunggu kesesokan harinya?beberapa tips dibawah ini bisa anda lakukan:

Setelah tidur Sebentar

Kenapa setelah begadang harus tidur karena obat kurang tidur ya harus tidur, menurut David Dinges, Ph.D., ketua divisi tidur dan kronobiologi di University of Pennsylvania mengatakan tidur 10 menit saja ada manfaatnya otak akan cepat bergerak menuju gelombang tidur tapi jika tidur dalam 40-45 menit kepala anda akan terasa pening ini disebut inersia tidur dan terjadi ketika Anda bangun dari tidur dalam.

Berdiam di tempat penuh cahaya

tubuh akan bekerja berdasarkan siklus gelap dan terang jadi cahaya terang akan mempengaruhi tingkat kewaspadaan anda sehari hari, termasuk setelah begadang. Namun kebanyakan orang akan mematikan lampu setelah begadang untuk tidur padahal sebaiknya posisi lampu tetap menyala atau biarkan sinar matahari masuk agar tubuh tetap on.

Gerakkan tubuh Anda

Setelah begadang biasakn tubuh anda melakukan olah raga kecil atau aktivitas lain agar darah anda tetap mengalir dengan baik itu akan membuat otak dan otot anda akan bekerja dengan baik

Hindari multitasking

Memori kerja Anda terganggu setelah tidak tidu. Artinya, Anda tidak bisa mengerjakan banyak hal dan mengingatnya dalam pikiran dalam satu waktu, atau yang biasa disebut multitasking.

Ketahui batasannyaBegadang

Kabar baiknya, setelah Anda tahu batasan diri Anda untuk begadang, ketika Anda akhirnya tidur lagi, Anda akan tidur lebih dalam dari biasanya, dengan lebih banyak gelombang tidur yang lambat. Lebih baik tidur sampai Anda bangun dengan sendirinya. Artinya Anda bisa tidur 9-10 jam, yang menjadi pemulihan sebenarnya dari waktu begadang Anda. Jika anda kurang tidur pun akan berpengaruh terhadap daya ingat karena sudah dipastikan akan menurun seperti hal nya jika seorang perokok dan selalu begadang akan lupa menaruh sesuatu seperti korek api padahal modelnya keren dan ada customnya dimana produk tersebut dapat di beli pada Toko Merchandise pada online shop Tokopedia akan lupa posisi korek api tersebut ada dimana dikarenkan sudah melemahnya daya ingat.

Beberapa efek negative:Begadang

Mengalami sakit kepala: Dikarenakan kurang istirihat akan membuat pada bagian sel otak akan mengalami gangguan.

Meningkatkan resiko penyakit jantung dan Stroke: Sudah dipastikan pada keesokan harinya anda beraktifitas. Karena kurangnya beristirihat maka kinerja jantung akan terganggu dan secara otomatis akan meningkatkan gejala stroke.

Meningkatkan resiko terkenanya Hipertensi: jika anda kurang istirihat membuat tubuh dan otak menjadi lemah. Menimbulkan stress yang berkepanjangan dan meningkatkan resiko terkena gangguan darah tinggi.

Mengalami Insomnia: Jika anda membiasakan tidur terlarut malam dan maka anda akan terbiasa tidur diatas jam 12. Sehingga jika tidur sebelum jam 12 tubuh anda akan mengalami kesulitan dikarenakan dan akan menimbulkan insomnia atau sulit tidur.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *